Guru Pembelajar PAUD/TK |
Peran Guru Profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.
Pengembangan profesionalitas guru melalui program Guru Pembelajar merupakan upaya peningkatan kompetensi untuk semua guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukkan peta kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG melalui program Guru Pembelajar.
Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Guru Pembelajar dilaksanakan melalui pola tatap muka, daring (online), dan campuran (blended) tatap muka dengan online.
Bagi peserta guru sasaran ada baiknya menyiapkan diri dengan mempelajari modul-modul Materi Diklat Guru Pembelajar. Guru sasaran peserta diklat Guru Pembelajar ini adalah mereka yang sudah ernah mengikuti UKG 2015 lalu. Untuk membantu para guru dalam Diklat Guru Pembelajar, semuabahanajar.blogspot.com menyajikan link unduhan (download) untuk semua mata pelajaran dan semua tingkat pendidikan, yakni TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.
MODUL GURU PEMBELAJAR TK LENGKAP
Kedalaman materi dan pemetaan kompetensi dalam modul ini disusun menjadi sepuluh kelompok kompetensi. Setiap modul meliputi pengembangan materi kompetensi pedagogik dan profesional bagi guru Taman Kanak-kanak. Judul-judul modul yang disusun sebagai berikut; (1) Karakteristik Anak Usia Dini, (2) Teori Bermain dan Merancang Kegiatan Bermain di Taman Kanak-kanak, (3) Kurikulum dan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak, (4) Penyelenggaraan Kegiatan Pengembangan yang Mendidik, (5) Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Taman Kanak-kanak, (6) Media dan Sumber Belajar di Taman Kanak-kanak, (7) Komunikasi Efektif bagi Guru Taman Kanak-kanak, (8) Konsep dan Teknik Penilaian di Taman Kanak-kanak, (9) Penelitian Tindakan Kelas dan Pemanfaatan PTK dalam Pengembangan Anak di Taman Kanak-kanak, (10) Layanan Bantuan Peserta Didik dan Pengembangan Profesi Guru.
Berikut ini link-link untuk Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini/ Taman Kanak-kanak (PAUD/TK).
- MODUL GURU PEMBELAJAR TK KELOMPOK KOMPETENSI A: (Download)
- MODUL GURU PEMBELAJAR TK KELOMPOK KOMPETENSI B: (Download)
- MODUL GURU PEMBELAJAR TK KELOMPOK KOMPETENSI C: (Download)
- MODUL GURU PEMBELAJAR TK KELOMPOK KOMPETENSI D: (Download)
- MODUL GURU PEMBELAJAR TK KELOMPOK KOMPETENSI E: (Download)
- MODUL GURU PEMBELAJAR TK KELOMPOK KOMPETENSI F: (Download)
- MODUL GURU PEMBELAJAR TK KELOMPOK KOMPETENSI G: (Download)
- MODUL GURU PEMBELAJAR TK KELOMPOK KOMPETENSI H: (Download)
- MODUL GURU PEMBELAJAR TK KELOMPOK KOMPETENSI I: (Download)
- MODUL GURU PEMBELAJAR TK KELOMPOK KOMPETENSI J: (Download)
No comments:
Post a Comment